02.22

MEDITASI BAGI PEMULA

Meditasi pada prinsipnya adalah selalu menyadari segala sesuatu yang sedang dikerjakan, diucapkan dan juga dipikirkan. Oleh karena itu, latihan meditasi juga bisa dilakukan sambil duduk, berjalan, berdiri dan juga berbaring.
Bagaimana sih caranya meditasi? Buat temen-temen yang belum tahu dan mau belajar berikut ini langkah-langkah yang bisa teman-teman ikuti

Langkah-langkah :
• Persiapan
Duduk bersila dengan posisi kaki kanan di atas kaki kiri. Usahakan kedua lutut menyentuh lantai. Beri alas duduk atau bantalan bila perlu. Letakkan tangan tangan kanan di atas tangan kiri dengan kedua ibu jari bersentuhan. Letakkan tangan di pangkuan. Pastikan tubuh dalam keadaan tegak dan rileks.
• Ambil nafas panjang
Pejamkan mata dan latihlah pernafasan untuk beberapa saat, caranya: bernafaslah setiap 3 hitungan, ambil nafas, tahan, hembuskan. Bisa juga dengan mengucapkan dalam hati “masuk” ketika nafas masuk dan “keluar” ketika nafas keluar. Lakukan secara berulang.
• Konsentrasikan pikiran
Konsentrasikan pikiran pada nafas yang keluar dan masuk. Rasakan setiap nafas yang masuk dan keluar melalui hidung. Biarkan nafas keluar dan masuk secara alami. Pastikan posisi tubuh tetap dalam keadaan rileks. Bila pikiran menyimpang, pusatkan / tarik kembali pada objek meditasi secara perlahan-lahan dengan penuh kesadaran.
• Tahap akhir
Perlahan-lahan kembalikan kesadaran dan perhatian pada tubuh. Rasakan seluruh bagian tubuh, gerakkan jari – jari tangan dan kaki secara perlahan. Gerakkan kepala dan ketika siap bukalah mata secara perlahan.

Tips :
• Sebaiknya meditasi dilakukan pagi hari antara pukul 04.00 sampai pukul 07.00 dan malam hari antara pukul 17.00 sampai pukul 22.00.
• Jika pada saat bermeditasi ingin mengganti posisi duduk, lakukan secara perlahan sambil tetap disadari
• Untuk permulaan lakukan meditasi selama 10 menit kemudian ditingkatkan bertahap menjadi 15 menit dst

0 komentar: